FORMULASI SEDIAAN TRANSDERMAL PDF

Transdermal Drug Delivery, contohnya Hormone Replacement (testosterone, Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai. PDF | Novel drug delivery via transdermal route offer several advantages over Formulasi dan Uji Penetrasi Sediaan Gel Transfersom yang. Kondroitin Sulfat (CS) dalam bentuk sediaan oral telah digunakan untuk diperlukan formulasi CS ke dalam bentuk sediaan lain seperti patch.

Author: Talmaran Majar
Country: Guinea-Bissau
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 5 April 2011
Pages: 427
PDF File Size: 19.31 Mb
ePub File Size: 1.17 Mb
ISBN: 947-5-95070-548-1
Downloads: 94887
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Volmaran

Fase I, calon obat diuji pada sukarelawan sehat untuk mengetahui apakah sifat yang diamati pada hewan sdiaan juga terlihat pada manusia. Pada fase ini mulai dilakukan pengembangan dan uji stabilitas bentuk sediaan obat. Uji toksisitas sampai saat ini masih tetap dilakukan pada hewan percobaan, belum ada metode lain yang menjamin hasil yang dapat menggambarkan toksisitas pada manusia.

Hal ini karena untuk dapat berpenetrasi ke dalam kulit, obat harus dalam bentuk cair, serta d. Semua hasil pengamatan pada hewan tersebut menentukan apakah calon obat tersebut dapat diteruskan dengan uji pada manusia atau tidak.

Transdermal Delivery Technology

Obat yang diberikan secara transdermal masuk ke tubuh melalui permukaan kulit yang kontak langsung dengannya baik secara transeluler maupun secara inter seluler. Bentuk sediaan semi setengah padat. Drug Reservoir atau lapisan yang mengandung obat zat aktif beserta dengan perlengkapannya seperti material pengatur kecepatan pelepasan obat, dsb. Seeiaan membutuhkan dosis yang lebih rendah dibandingkan sediaan rute oral.

seminar Tugas Akhir 1 by hani handayani on Prezi

Transdermal delivery of biologics using microneedles Documents. Dosisnya harus kecil; 3. Memiliki titik lebur yang relatif rendah.

  FARMACI ANALGESICI OPPIOIDI PDF

Impermeable backing atau lapisan penyangga, biasanya terbuat dari lapisan polyester, ethylene vinyl alcohol EVAatau lapisan polyurethane. Pemberian obat melalui mulut per-oral merupakan cara pemberian yang paling utama untuk memperoleh efek sistemik. Lapisan ini harus lebih luas dari pada lapisan di bawahnya untuk 2.

Hal ini karena pada dasarnya stratum corneum pada kulit merupakan barrier yang cukup efektif untuk13menghalangi molekul asing masuk ke tubuh sehingga hanya molekul molekul yang berukuran sangat kecil sajalah yang dapat menembusnya b. Untuk dapat dinilai oleh6badan tersebut, industri pengusul harus menyerahkan data dokumen uji praklinik dan klinik yang sesuai dengan indikasi yang diajukan, efficacy dan keamanannya harus sudah ditentukan dari bentuk produknya tablet, kapsul dan lain-lain yang telah memenuhi persyaratan produk melalui kontrol kualitas.

Transdermal delivery of tetrahydrocannabinol Documents. Bahkan penetrasinya lebih banyak dari pada kulit normal. Meski demikian, penetrasi melalui kulit yang rusak tidak dianjurkan karena absorbs obat menjadi sulit untuk diprediksi. Syarat utama suatu bahan agar dapat digunakan sebagai bahan tambahan adalah bahwa bahan tersebut harus memiliki sifat yang netral inert.

Sifat fisiko kimia obat 2. Maka dari itu, dibuat kesimpulan mengenai pemberian formulasi glukosamnin rute topikal tersebut menggunakan minyak nabati pada rute transdermal melalui kulit tikus.

Review on Transdermal Drug Delivery of transdermal drug delivery system 5 Delivery via the transdermal route is an interesting option because transdermal route is convenient and safe. Obat terdispersi dengan baik dalam eksipien cair yang inert dalam lapisan ini.

Transdermal Delivery Technology

Studi pada hewan percobaan 3. Hal ini terkait sediaa luas permukaan di antara keempatnya. Kejadian cacat waktu lahir teratogenisitas. Harus diwaspadai pre-systemic metabolism mengingat kulit juga memiliki banyak enzim pemetabolisme. Transdermal Drug Delivery Documents. Setelah calon obat dapat dibuktikan berkhasiat sekurang-kurangnya sama dengan obat yang sudah ada dan menunjukkan keamanan bagi si pemakai maka obat baru diizinkan untuk diproduksi oleh industri sebagai legal drug dan dipasarkan dengan nama dagang tertentu serta dapat diresepkan oleh dokter.

  BODHAYANA VRITTI PDF

Contoh transdeermal bentuk sediaan ini, antara lain: Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai macam bahan tambahan excipient.

Memliki bobot molekul relatif kecil kurang dari Da. Dermatologic, Cosmetic, and24Cosmetic Development.

Transdermal drug delivery for angina pectoris Jika suatu senyawa atau molekul aktif telah dibuktikan secara farmakologis, maka senyawa tersebut selanjutnya memasuki tahap pengembangan dalam bentuk molekul optimumnya. Pada tahap ini sering kali dilakukan pengujian yang melibatkan teratogenitas, mutagenitas dan karsinogenitas, disamping pemeriksaan LD50 dan toksisitas akut fkrmulasi kronik.

Transdermal Insulin Delivery Systems Documents. Enhanced absorption technology, terutama ditujukan untuk pemakaian secara oral obat-obat macromolekul. Macam bahan tambahan tersebut sangat tergantung dari macam bentuk sediaan yang akan dibuat. Setelah sintesis, suatu senyawa atau molekul melalui proses screening, yang melibatkan pengujian awal obat pada sejumlah kecil hewan dari jenis yang berbeda biasanya 3 jenis hewan ditambah uji mikrobiologi untuk menemukan adanya efek senyawa kimia yang menguntungkan.

Lapisan ini berguna untuk melindungi obat dari air dan sebagainya yang dapat merusak obat. Transdegmal Sediaan Obat dapat mengandung satu atau lebih komponen bahan aktif. Akan tetapi belum semua uji dapat dilakukan secara in vitro.